Festival Pesona Raja Ampat 2018, festival Papua yang paling dinanti

Berlangsung di Waisai Torang Cinta (WTC) yang merupakan lokasi favorit penduduk Raja Ampat, Festival Maritim Raja Ampat 2018 resmi dibuka. Selama lima hari, mulai 18-22 Oktober, berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pariwisata dan budaya di Papua Barat akan menghibur wisatawan dan penduduk setempat.

Dalam acara ini, empat pulau utama dan terkenal di Raja Ampat dimeriahkan. Mulai dari Waisai yang juga merupakan ibukota Kabupaten Raja Ampat, kemudian Kep. Fam, terus ke Kofinau, dan berakhir di Misool yang memang tujuan utama di Raja Ampat. Tak heran jika acara ini dilabeli sebagai salah satu dari empat festival pulau yang dilalui.

Hari pertama di Waisai, selain upacara pembukaan, wisatawan juga disuguhi berbagai tarian dan pertunjukan panggung oleh Sasi. Drama ini menceritakan tentang “orang-orang Matbat cinta laut.” Matbat adalah penduduk asli Misool.

Festival kali ini juga berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena dibuat dengan gaya pesta rakyat. Masyarakat setempat dan daerah lain diundang untuk berkumpul. Pengisi panggung juga dari berbagai tempat di sekitar Raja Ampat. Tidak heran sampai tengah malam, area di sekitar WTC tetap ramai seperti pasar malam. Pedagang dan pengunjung memenuhi halaman WTC.

Mengingat tempat wisata Raja Ampat, terutama bawah laut yang sensitif terhadap polusi, acara ini juga digunakan sebagai momen kampanye untuk mengurangi penggunaan botol minum plastik. Pemerintah Kabupaten Raja Ampat mengundang semua pihak untuk menggunakan gelas bukan botol plastik.

Wisatawan yang datang ke Raja Ampat Maritime Festival kali ini benar-benar mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.



Tell Your Friends:

Need Help? Chat with us